Beranda DAERAH Terapkan Perbup 54 Tahun 2018, Pemkab OKI, Jalin Kerjasama dengan Media

Terapkan Perbup 54 Tahun 2018, Pemkab OKI, Jalin Kerjasama dengan Media

28
BERBAGI
Kepala Diskominfo OKI, Dwi Zulkaranain SH

OKI.KABAR DAERAH.COM – Ada semacam aturan baru yang akan diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI), melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) OKI, dalam menjalin kerjasama dengan media, baik cetak, eletronik ataupun media online, terhitung Tahun Anggaran (TA) 2019.

Kepala Diskominfo OKI, Dwi Zulkaranain SH ketika dibincangi di ruang kerjanya, Rabu (9/1), menjelaskan aturan kerjasama tersebut diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 54 Tahun 2018.

Dikatakannya, selama ini media dan Pemkab OKI telah melaksanakan kerjasama dalam bidang publikasi tentang berbagai program kerja dan hasil pembangunan yang ada di Kabupaten OKI.

“Secara prinsip, kami siap menjalin kerjasama dengan media mana pun. Hanya saja untuk lebih terarah, kami akan menerapkan aturan perbup tersebut,”ujar mantan Kepala Dinas Sosial ini.

Dwi Zulkarnain mengatakan, sebelumnya pihaknya juga telah melakukan dialog bersama rekan media melalui kegiatan Public Hearing, dengan melibatkan PWI Sumsel.

Dalam pertemuan tersebut, kata dia, disampaikan aturan kerjasama antara Pemkab OKI dan media yang ada. Diantara aturan perbup tersebut, lanjutnya, yakni adanya klasifikasi atau jenis media.

Lalu berkas perusahaan pendirian media harus lengkap, termasuk apakan pimpinan redaksi dan wartawan sudah telah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) atau belum.

“Nah, dalam setiap aturan yang dibuat terdapat poin atau nilai. Sehingga nantinya, kita akan melakukan verifikasi dan melaksanakan Mou bersama media yang mengajukan penawaran kerjasama kepada Pemkab OKI ,”terangnya.

Sebagaimana diketahui, lanjut nya, media merupakan corong bagi masyarakat yang independen dan beritanya berimbang tanpa tendensi apapun.

“Dengan pemberitaan di media massa, maka masyarakat akan dapat mengetahui dan menilainya secara langsung. Tentu ini merupakan hal

positif bagi Pemkab OKI. Oleh sebab itu, kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas berbagai masukan dan sharing informasi yang diberikan ,”tukasnya. (Syakbanudin)