Beranda DAERAH Sampah Menumpuk di Pinggir Jalan Raya, Dinas Lingkungan Hidup Perlu Tenaga Kebersihan

Sampah Menumpuk di Pinggir Jalan Raya, Dinas Lingkungan Hidup Perlu Tenaga Kebersihan

61
BERBAGI
Poto: Tampak sampah berserakan di pinggir jalan raya yang menuju ke akses Lintas Timur dan Kecamatan Pedamaran Kab OKI

Sumsel.kabardaerah.com – Adanya pemandangan yang berbeda bila anda melintas memasuki Jalan Lintas Timur, tepatnya menuju arah ibu kota Kecamatan Pedamaran di Desa Menang Raya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Dimana diwilayah ini terdapat sampah yang berserakan hampir disetiap sisi badan jalan raya.

Pantauan dilapangan, Selasa (8/5), banyak nya sampah yang berserakan membuat pemandangan di sepanjang pinggir jalan raya ini tidak enak dipandang mata.

Menurut Endri salah seorang warga setempat yang berharap agar Pemkab OKI khusus nya dalam hal ini Dinas Lingkungan dapat membersihkan sampah-sampah yang berserakan dan kian menumpuk tersebut.

“Tempat ini memang agak jauh dari pemukiman warga, tapi karena di pinggir jalan raya dan menjadi tempat lalu lalang semua orang yang berkendara selain mengganggu dan merusak pemandangan juga menimbulkan bau tak sedap. Kita khawatir bila ini terus terjadi maka akan berdampak menimbulkan penyakit,”papar nya.

Kondisi di jalan raya ini memang sangat memprihatinkan apalagi Kabupaten OKI pada tahun lalu menerima penghargaan Adipura. Namun untuk menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs H Alamsyah MSi ketika dikonfirmasi melalui Kasi Pengurangan Sampah, M Saleh SSos mengatakan, bila pihaknya bersama pemerintah Desa telah bekerjasama dalam membersihkan sampah di pinggir jalan tersebut.

“Kami bahkan telah menurunkan alat berat untuk mengangkut sampah dilokasi yang dimaksud. Namun karena tenaga kebersihan kita kurang maka itu menjadi kendala dikemudian. Sedangkan TPA kami di Kecamatan Teluk Gelam di Daerah terdekat sampah tersebut, juga belum memiliki sarana dan prasarana yang lengkap,”ungkap M Saleh.

“Oleh sebab itu, kita merencanakan anggaran untuk tahun 2019 mendatang, mudah-mudahan bisa mengatasi soal sampah di Daerah tersebut,”tukasnya.

(Syakbanudin)