Beranda DAERAH Dituding Pemberitaan Terlibat Pangkas Dana Desa, Kadin PMD OKU Panggil Wartawan dan...

Dituding Pemberitaan Terlibat Pangkas Dana Desa, Kadin PMD OKU Panggil Wartawan dan Mantan Kades

267
BERBAGI
Ahmad Firdaus, Kadin PMD OKU saat sedang bersama ke dua wartawan yang memenuhi panggilannya.

Sumsel.kabardaerah.com – Terkait pemberitaan diduga berawal dari pengakuan M Sobirin, Oknum mantan Kepala Desa Marta Jaya, Kecamatan Lubuk Raja, yang jabatannya baru berakhir, kepada salah satu wartawan media Online yang bertugas di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Dimana mantan Kades ini mengatakan adanya dugaan pemangkasan Dana Desa (DD) yang dilakukan oleh Camat Lubuk Raja dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) OKU.

“Dana Desa (DD) dari APBN tahunya warga dan masyarakat itu pas, namun pada prakteknya dilapangan tidak sesuai. Camat dan PMD ikut juga memangkas Dana Desa tersebut belum lagi pajak yang harus dibayarkan ,” ungkap M Sobirin, dikutip dari isi berita yang ditulis wartawan media online Sumseltoday.com, pada 26 September 2018 lalu.

Karena merasa dirugikan dan dicemarkan lantaran pemberitaan yang bersumber dari pengakuan mantan Kades tersebut, Ahmad Firdaus Kadin PMD OKU memanggil wartawan bersangkutan dan M Sobirin beserta M Monang Suryadinata Camat Lubuk Raja, terkait apa yang sudah diduga diakui oleh M Sobirin kepada wartawan.

“Aku cuma mau bertemu sama wartawan yang memberitakan, kau dan yang lain keluar dulu ,”kata Ahmad Firdaus dengan nada ketus, ketika wartawan ini beserta beberapa rekan wartawan lain yang sedang menunggu diluar saat hendak ikut masuk kedalam ruangannya bersama Thorick dan Yos Arman, wartawan sumseltoday.com yang datang lebih awal dari mantan Kades Marta Jaya dan Camat Lubuk Raja, untuk memenuhi panggilan Kadin PMD, Rabu (3/10/18).

Namun tidak lama kemudian, M Sobirin dan M Monang Suryadinata pun tiba bersamaan. Selama kurang lebih 30 menit mereka terlibat percakapan dengan pintu tertutup didalam ruangan Kadin PMD. Akhirnya kedua wartawan yang mengaku dipanggil Kadin PMD melalui via telpon ini mengatakan maksud dan tujuan pemanggilan dirinya terkait pemberitaan dari pengakuan mantan kades yang sudah merugikan Kadin PMD beserta Camat Lubuk Raja.

“Pemanggilan kami ini terkait informasi permasalahan yang dikatokan mantan Kades Marta Jaya, jadi keterangan yang dibuatnyo itu memang istilahnyo merugikan Kadin PMD dan Camat ,”urai Thorick dalam bahasa Indonesia bercampur bahasa Palembang.

M Monang Suryadinata Camat Lubuk Raja bersama M Sobirin Mantan Kades Marta Jaya dan Ahmad Firdaus Kadin PMD OKU, saat usai memberikan klarifikasi di ruang Kadin PMD

Selanjutnya Thorick menjelaskan jika pemberitaan tentang pemangkasan yang ditulisnya itu benar berdasarkan rekaman yang ada pada dirinya ,”Ado, karno berdasarkan bukti rekaman dan bukti chat’an yang ado pada kami dan sudah disetujui oleh beliau. Tapi sejauh ini kalau memang idak benar temu di pengadilan bae ,”tukasnya.

Thorick menambahkan ,”Untuk selanjutnyo belum ado titik jelas nanti kita konfirmasi lagi sebab kita masih dimintai klarifikasi dari pihak PMD terkait pemberitaan itu ,”tutupnya seraya menyampaikan hasilnya bahwa pihak PMD dinyatakan tidak ada dalam hal itu dan berharap jangan sampai terulang lagi ada yang menjelekkan nama PMD dan Camat agar para Kades bisa mengerem pembicaraannya.

Sementara Kadin PMD OKU Ahmad Firdaus mengatakan jika pemanggilan ke dua rekan media ini hanya untuk dimintai klarifikasi saja terkait pemberitaan yang sudah ditayangkan ,”Saya cuma minta klarifikasi saja, jadi dari Media saya minta jangan asal nulis berita, juga dari Kades jangan asal bicara, soalnya selama ini mungkin banyak dari oknum LSM dan oknum Media masa (Wartawan) mengatakan PMD menerima dan memotong uang dana Desa, itu harus dibuktikan. Jangan membuat statmen yang menjatuhkan orang ,”papar Ahmad Firdaus.

Kalaupun ada, Sambung dia, harus klarifikasi dulu dengan yang bersangkutan. Tapi saya tidak menyalahkan Kades dan si pembuat berita karena kamu sebagai wartawan ada kode etik masing-masing, Kades juga mungkin pada saat itu lagi emosi. Ya sudah, sebenarnya sudah clear tidak jadi masalah. Cuman ya kalau tidak clear tadi terpaksa masuk ke jalur hukum ,”tegas Ahmad Firdaus yang mengatakan bahwa dirinya tidak pernah memangkas dana yang dimaksud.

Sedangkan M Sobirin Mantan Kades Marta Jaya, membantah saat ditanya apakah benar yang diungkapkannya tentang pemangkasan dana Desa tersebut yang dilakukan oleh Pihak PMD dan Camat Lubuk Raja ?, .

“Semua yang berhubungan dengan PMD dan Camat pada kenyataannya saya tidak pernah ngomong seperti itu, dan itulah tadi semua sudah di musyawarahkan disini agar semuanya tidak ada yang dirugikan ,”tukas M Sobirin yang mengatakan jika pemberitaan pemangkasan dana Desa yang bersumber informasi dari dirinya itu kurang pas isinya.

Sementara M Monang selaku Camat Lubuk Raja yang namanya juga dilibatkan dalam pemberitaan hanya menyampaikan ,”Jadi kita sesama manusia saling memaafkan saja, kalau sudah clear saya sudah tidak mau memperpanjang ,”jawabnya singkat. (Hend)